Suara Libra
NEWS TICKER

Terjadi HUJAN ES DI Dusun Bawang TIJANG Desa Negara batin dan Desa Pematang talo kecamatan Jabung Lampung timur.

Thursday, 24 February 2022 | 7:38 am
Reporter:
Posted by: suara libra
Dibaca: 154

Terjadi HUJAN ES DI Dusun Bawang TIJANG Desa Negara batin dan Desa Pematang talo kecamatan Jabung Lampung timur.

 

 

suara-libra.com -Lampung Timur, pada hari Rabu sekitar lebih kurang pukul 18,00 sore Hujan es batu mengguyur Dusun bawang TIJANG Desa Negara batin dan Desa pematang talo kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur, hujan es tersebut sempat menghebohkan masyarakat dua desa tersebut.

Penampakan fenomena hujan es di Dua desa ini pun ramai disebarkan oleh masyarakat di media sosial, termasuk salah satunya penampakan es yang di pungut oleh warga setempat di depan rumahnya yang terjatuh bersamaan dengan huian. Informasi yang di dapat Oleh awak media suara-libra.com kalau hujan es tersebut terjadi sekitar pukul 16 00 sore hari di daerah

bawang TIJANG desa Negara- batin dan Desa pematang talo kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur, memang sempat membuat warga heboh bahkan ada yang sempat memungut butiran butiran es yang jatuh dari langit, untuk melihat dan memastikan bahwa benar benar itu adalah es.

Menurut perkiraan Penyebab hujan es di dusun bawang TIJANG desa Negara batin dan Desa pematang talo kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur ini, bahwa penyebab utama hujan es atau hail ini adalah awan cumulonimbus, yakni suhu konvektif sebagai syarat terjadinya awan konvektif tercapai, sehingga membentuk awan penghujan yaitu awan Cumulonimbus

yang relative tinggi dengan ketinggian 8-9 km dengan suhu puncak awan bisa mencapai -69 hingga -100 derajat Celsius.
Serta, nilai reflektivitas awan penghujan pada Citra Radar relative tinggi, pada kejadian hujan es di dusun bawang TIJANG desa Negara batin dan Desa pematang talo kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur ini, nilai refletivitasnya sekitar 50-60 dBz.

 

 

terjadi fenomena hujan es tersebut dalam ilmu meteorologi juga disebut dengan hail, Hail atau hujan es ini adalah presipitasi yang terdiri atas bola-bola. hujan es ini terjadi disebabkan oleh awan Cumulonimbus (Cb). “Puncak awan Cb dapat menghasilkan butiran es,”

Hujan deras disertai es di dusun bawang TIJANG desa Negara batin dan Desa pematang talo ini terlihat
Butiran es ini terjadi ketika downdraft atau aliran udara ke bawa dari awan Cb cukup tinggi, dan didukung juga suhu permukaan atau daratan cukup dingin, maka hujan dari awan Cb jatuh dalam bentuk butiran es.
pada saat kejadian tampak pertumbuhan awan yang signifikan dan berpotensi terbentuknya awan Comulonimbus.

Fenomena hujan es di dua desa ini yang disertai angin kencang dan petir yang memicu hujan es. Oleh karena itu diharapkan bagi masyarakat saat hujan es turun yang sedang berada di wilayah yang terjadi hujan es, seperti hujan es batu di dusun bawang TIJANG desa Negara batin dan Desa pematang talo yang terjadi , harus bisa untuk melindungi diri, Berlindung dalam rumah atau bangunan yang kokoh.

Segera menepi ke warung-warung terdekat jika sedang berkendara, baik pengguna roda 4 atau roda 2.
Jangan beraktivitas di ruang terbuka.
Jangan masukan es dari hujan itu ke dalam gelas sebagai minuman karena kita tidak tahu partikel – partikel polutan apa saja yang ikut mengkristal menjadi es. (Pimred Media suara libra).

[addtoany]

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *

© 2020 suara-libra.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer.