Suara Libra
NEWS TICKER

Dalam musrenbang desa Cihowe, infrastruktur jalan menjadi prioritas dalam pembangunan

Wednesday, 5 October 2022 | 11:08 pm
Reporter:
Posted by: suara libra
Dibaca: 384

Dalam musrenbang desa Cihowe, infrastruktur jalan menjadi prioritas dalam pembangunan

suara-libra.com. Bogor, Selasa, 04/10/2022 Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.

Musrenbang Desa dilaksanakan dengan mengacu pada RPJM Desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara menggali potensi dansumber – sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Berdasarkan pantauan Suara Libra.com pada hari Kamis tanggal 4 Oktober 2022 yang bertempat di Aula Desa cihowe kecamatan ciseeng Pemerintah Desa Cihowe tengah melaksanakan kegiatan Musrenbang Desa yang dihadiri oleh Wahyudin, kepala desa cihowe berserta jajarannya, antara lain unsur RT/RW, Kadus, Ketua BPD beserta anggota, lembaga desa, LPM, tokoh masyarakat dan unsur perwakilan perempuan serta Unsur Kecamatan diwakili Lukman dan Ade (Kasi ekbang dan Kasi Pendidikan). Dengan mencermati program-program yang ada dalan RPJM Desa dan melalui prosedur sebagaimana yang telah ditetapkan, akhirnya disepakati program-program apa saja yang akan masuk ke dalam RKPDes Tahun Anggaran 2023.

Program-program yang tertunda, yang tidak dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 akan menjadi prioritas dalam RKPDes Tahun 2023, begitu juga program-program yang sifatnya reguler otomatis masuk dalam RKPDes Tahun 2023, hanya saja untuk dana desa untuk covid sudah tidak ada lagi peruntukannya,” 25 % Dana desa. Untuk BLT ,3 % operasional desa dan selebihnya digunakan untuk infrastruktur, ” ujar muhamad Randi Alhadi sekdes cihowe ditengah tengah kesibukannya kepada suara-libra.com

Ditempat terpisah Lukman Kasi Ekbang kecamatan ciseeng kabupaten Bogor menjelaskan bahwa dalam musrenbang desa cihowe untuk tahun anggaran 2023 desa masih memperioritaskan infrastruktur dan dana desa tidak lagi digunakan untuk penanganan covid 19, jelas Lukman kepada Wartawan.

Wahyudin kepala desa cihowe kecamatan Ciseeng kabupaten Bogor saat disinggung tentang ketahanan pangan untuk desa cihowe apa saja program yg digulirkan kepada warga cihowe, dirinya menjelaskan bahwa untuk ketahanan pangan di desa cihowe ada dua program yaang pertama perternakan kambing, dan yang ke dua perternakan bebek” terang Wahyudin kepada suara Libra.com Lebih lanjut dia juga mengatakan bahwa kedua program itu di kelola oleh warga cihowe.

Selain menentukan prioritas yang masuk dalam RKPDes Tahun 2022, Musrenbang Desa juga menyepakati program-program tahun anggaran 2023.

Sesuai amanat Pemerintah bahwa pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan selalu pembangunan fisik akan tetapi juga harus meliputi pembangunan pemberdayaan masyarakat.

Karna sektor ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan sehingga masyarakat sedikit demi sedikit mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (dasar) dan kebutuhan sekunder, sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.

Kemudian dengan dilaksanakannya musrenbang desa kali ini, pembangunan desa akan semakin terarah serta tepat sasaran demi terwujudnya tingkat kesejahteraan masyarakat cihowe (y Sugiarto/Ryy)

[addtoany]

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 suara-libra.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer.