Suara Libra
NEWS TICKER

Bupati Tanggamus Dewi Handajani Hadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Friday, 5 November 2021 | 7:46 am
Reporter:
Posted by: suara libra
Dibaca: 72

Bupati Tanggamus Dewi Handajani Hadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Kh

 

suara-libra.com -Tanggamus~Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas penyelenggaraan Paud Holistik Integratif kepada 100 satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)HI di Kabupaten Tanggamus yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna (GSG) NU Gisting kecamatan gisting, Kamis (4/10/2021).

Hj.Dewi Handajani selaku Bunda PAUD Kabupaten tanggamus yang membuka kegiatan ini mengatakan bahwa pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan berintegrasi. Simultan dipahami sebagai kebijakan terhadap anak usia dini yang mencakup kesehatan, pendidikan, perlindungan dan pengasuhan secara bersamaan.

“Tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya. Karena PAUD merupakan layanan pendidikan anak usia dini yang menggabungkan proses asah, asih, asuh sebagai upaya untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai prinsip holistik integratif,” papar Dewi.

Selaku Bunda PAUD Kabupaten Tanggamus, Dewi menggantungkan harapan yang besar kepada 100 satuan PAUD di Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 yang ikut serta pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Giat ini diharapkan nantinya akan memberikan gambaran dalam pengembangan PAUD holistik integratif dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni agar tujuan dari PAUD holistik integratif ini bisa tercapai yaitu mewujudkan anak sehat, cerdas, ceria dan memiliki akhlak yang mulia.

“Saya harap peserta kegiatan Bimtek memperhatikan apa yang disampaikan pemateri dan nantinya dapat diterapkan dimasing – masing PAUD yang diajarnya,” ujarnya seraya menekankan pentingnya mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

Dikesempatan yang sama, Yadi Mulyadi selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus menyampaikan pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yg dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial. Salah satunya yaitu dengan menyekolahkan anak di PAUD Holistik Integratif.

Menurutnya, anak didik bukan hanya memperoleh layanan pendidikan semata, melainkan juga diberikan layanan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan dan perlindungan untuk mewujudkan layanan PAUD Holistik Integratif.

“Semua layanan ini akan menjadi kebijakan yang akan dilaksanakan demi pengembangan anak usia dini dengan selalu melibatkan pihak pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan para orang tua,” ujar Yadi.

Ia menambahkan bahwasanya sesuai dengan tujuan pengembangan PAUD Holistik Integratif yakni untuk memberikan pengetahuan bagi Pendidik PAUD bahwa anak usia dini tidak hanya berikan dalam satu bidang pendidikan saja tetapi juga berikan pelayanan mencakup kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan dan perlindungan untuk anak – anak usia dini itu masih utuh. Oleh karena itu, dibutuhkan pendidikan yang menyeluruh sesuai dengan amanat Presiden Nomor 60 Tahun 2003, Pasal 2 Ayat 1 yang menjelaskan tentang PAUD HI itu sendiri.

“Saya berharap kepada peserta, ikuti bimtek ini dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat untuk anak usia dini khususnya di Kabupaten Bangka Tengah. Jika kita gagal mendidik anak-anak, tumbuh kembang menjadi terhambat, tidak bisa diatasi dan kita akan gagal membentuk generasi emas pada anak,” ujarnya seraya mengingatkan akan pentingnya hal ini karena masa emas anak-anak tidak akan terulang kembali.

Bimtek ini dilaksanakan selama 4 hari yang diikuti oleh para Kepala Sekolah Taman Kanak – Kanak, Pengelola PAUD, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak dan satuan PAUD sejenis. Selain Bunda Paud, Hj.Dewi Handajani, pembukaan Bimtek ini juga dihadiri oleh koordinator bidang Peserta Didik Direktorat PAUD, yang dilakukan secara virtual.

Selain itu dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kebupaten Tanggamus, Kepala Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Kepala Seksi PAUD dan Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Kepala Sekolah TK dan Pengelola PAUD se Kabupaten Tanggamus, sekretaris Disdukcapil kabupaten tanggamus dan Camat Gisting.(KHUZAINI)

R654

[addtoany]

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 suara-libra.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer.