Suara Libra
NEWS TICKER

Bupati Serahkan Bantuan Program Bedah Rumah di Dua Kecamatan

Wednesday, 4 August 2021 | 10:55 am
Reporter:
Posted by: suara libra
Dibaca: 391

Bupati Serahkan Bantuan Program Bedah Rumah di Dua Kecamatan


Suara-libra.com – KOTA AGUNG – 04-08-2021 Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, kembali menyerahkan bantuan bedah rumah kepada empat rumah di dua kecamatan di Kabupaten Tanggamus, Selasa (03/08/2021).

Adapun penerima bantuan bedah rumah tersebut, yakni; Ibu Neliyani, dan Bapak Sapiudin, warga Dusun 2 Pekon Tanjungkurung, Kecamatan Wonosobo, serta Ibu Ati dan Bapak Amrin, warga Pekon Terbaya Kecamatan Kotaagung.

Bupati menerangkan, bantuan tersebut merupakan realisasi salah satu Program 55 Aksi Desa Asik, yaitu Program Bedah Rumah.

“Maka ini murni program Pemkab Tanggamus melalui Dinas PUPR Tanggamus, yang pada hari ini ada empat rumah yang diberikan bantuan, pada 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Kotaagung dan Kecamatan Wonosobo,” terang Bupati.

Bupati berharap dengan program bedah rumah ini, dapat membantu masyarakat agar memiliki rumah tak layak huni menjadi rumah yang layak huni dan menempati rumahnya dengan lebih nyaman dan sehat.

Sementara Kabid Pemukiman dan Perumahan Rakyat, Dinas PUPR Tanggamus, Ari Yudha, menjelaskan program bedah rumah adalah hasil dari usulan masyarakat yang didasari kondisi rumah yang dihuninya.

“Total dalam tahun ini ada 282 rumah yang mendapat bantuan bedah rumah. Kami berikan secara bertahap dan ada juga tambahan bantuan bedah rumah dari pusat,” terangnya.

Ia menambahkan, teknis realisasi bantuan tersebut adalah Rp 15 juta untuk belanja material bangunan dan Rp 2,5 juta untuk biaya pembangunan rumahnya (biaya tukang), dengan dikenai pajak.

Lanjut Yudha, teknis lainnya penerima menunjuk toko bangunan yang dipilihnya untuk belanja bahan bangunan. Selanjutnya Dinas PUPR Tanggamus mentransfer uang ke toko bangunan tersebut dengan batas nominal untuk keperluan bahan bangunan.

“Jadi uangnya nanti langsung ditransfer ke toko bangunan yang menyuplai bahan bangunan bagi sasaran yang dapat program bedah rumah. Pola seperti itu lebih menjamin program terlaksana dan tepat sasaran, sebab uang yang diberikan langsung berbentuk bahan dan akhirnya itu digunakan untuk membuat rumah, tidak untuk keperluan lain,” jelasnya.

Yudha mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya sudah menerima usulan sebanyak 12 ribu rumah tidak layak huni untuk program bedah rumah. Namun bantuan diberikan secara bertahap dan juga dengan mempertimbangkan skala prioritas bagi yang sangat membutuhkan.

Pada kesempatan yang sama juga, Bupati menyerahkan bantuan sembako untuk petugas kebersihan di wilayah Kecamatan Wonosobo yang diserahkan secara simbolis di Kantor Kecamatan Wonosobo.

Hadir mendampingi Bupati, Kabag Protokol Riens Abdul Kadir, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra, Camat Wonosobo Edi Fakhrurozi, serta Uspika dan Kepala Pekon setempat. ( KHUZAINI )

[addtoany]

Berita Lainnya

© 2020 suara-libra.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer.