Suara Libra
NEWS TICKER

Rapat percepatan penanganan pascaBencana banjir,

Wednesday, 5 August 2020 | 8:54 pm
Reporter:
Posted by: suara libra
Dibaca: 12

Rapat percepatan penanganan pascaBencana banjir,

Semaka – Suara-Libra.com Bertempat di Kantor Kecamatan Semaka sekaligus Posko Bencana, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE.MM., melakukan rapat percepatan penanganan paska bencana banjir bersama Forkopimda, Camat dan Uspika Kecamatan Semaka, Rabu (05/08).
Hadir dalam rapat tersebut Wakapolres Tanggamus Kompol Heti Fatmawati, Sekda sekaligus Kepala BPBD Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si., Kepala Dinas Pengairan Provinsi Lampung, Edarwan, staf ahli Bupati, Firman, Kadis Sosial Zulfadli, Kadis kesehatan Taufik, Kadis kominfo Drs. Sabarudin,Kadis PU PR Riswanda Djunaidi, Ketua Harian BPBD Ediyan M Toha serta muspika kecamatan Semaka.

Kepala BPBD Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis dalam kesempatan itu melaporkan beberapa langkah terkait penanganan paska bencana diantaranya yang pertama, sesuai dengan manajemen bencana, masyarakat maupun korban yang terkena banjir ini, pada hari ini mereka tidak kelaparan, karena ada sebagian dari saudara kita rumahnya terutama untuk dapur sudah rusak berat, sehingga untuk memasak memenuhi kehidupannya tidak memungkinkan lagi dilakukan sendiri. Kita sudah melakukan rapat darurat dengan memanggil seluruh Kepala Pekon tersebut guna menginventarisir sementara dan menanyakan kepastian tidak adanya korban jiwa akibat banjir ini”
“Kedua, upayanya adalah, pada hari ini (05/08) mereka bisa mendapatkan makan, paling tidak makan dua kali siang dan malam,dan sudah di putuskan untuk memberikan 1200 bungkus nasi bungkus yang akan diantarkan langsung relawan dan aparat terkait dan berjenjang dari Pemda, Camat aparan pekon dan ke sasaran penerima.”

Kemudian besok (06/08) sudah mengupayakan arus masuk dari alat berat diantaranya 3 eksavator besar, 1 buldoser, 2 eksavator kecil yang akan melakukan upaya upaya perbaikan sementara untuk menutup tanggul tanggul yang jebol yang tersebar di 5-7pekon.agar apabila terjadi hujan tanggul ini berfungsi normal.
Kemudian yang ketiga, lanjut sekda, menginventarisir mengakuratkan data, karena bantuan ini tidak hanya sekedar bantuan pangan tetapi dalam bentuk bahan mentah dan juga dalam bentuk perbaikan infrastruktur, apakah itu program Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), Bedah Rumah, atau program lainnya.

Kemudian Dalam arahannya terkait penanganan bencana, Bupati Tanggamus berharap dan menginginkan agar ada upaya upaya yang dilakukan sebelum adanya bencana yang biasanya didahului atau berbarengan dengan adanya musim hujan. Tindakan pencegahan tersebut tentunya dilakukan pada saat musim kemarau untuk dilakukan normalisasi atau perbaikan. Harap Bupati , Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan bencana kedepan Bupati juga meminta kepada jajarannya untuk dapat menganggarkan pembelian alat berat setiap tahunnya, saya meminta kepada Sekda untuk menganggarkan dimana setiap tahun Tanggamus ada penambahan alat berat hal ini perlu dilakukan karena mengingat Tanggamus merupakan wilayah yang rawan bencana yang tersebar di seluruh wilayah seperti di Kelumbayan Semaka dimana jika terjadi bencana secara bersamaan alat berat kita bisa tersebar melakukan upaya paska bencana secara cepat” pinta Bupati

Bupati juga mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan jajarannya seperti membuat posko, dapur umum. Bupati juga setuju agar bantuan bantuan diarahkan ke Dapur umum supaya nantinya pendistribusian bantuan lebih merata, tetapi bupati juga meminta pendataan yang ril. Dimana tidak bisa dipukul rata satu rumah ada berapa jiwa. Dan atur prediksi sampai kapan penanganan didapur umum ini, Kemudian dari jajaran Kesehatan juga harapkan dapat stanby melayani masyarakat, dimana biasanya beberapa hari kedepan masyarakat yang datang mulai memeriksakan keluhan kesehatannya.
“Pastikan ketersediaan obat obatan betul betul cukup. Terlebih disaat pandemi covid 19 ini, ketersediaan masker, termasuk juga nanti jika ada warga yang terpapar covid 19 harus dilakukan repidnya” tegasnya

Dari BPBD dan PU bupati meminta agar dilihat tanggulnya jebol kira kira penangananya seperti apa dalam waktu dekat ini, Dan bupati meminta kepada masing masing OPD terkait untuk menginventarisir kerugian masyarakat, baik dari pertanian, pendidikan dan lainnya, Terkait dengan tempat ibadah seperti Masjid kedepan akan direlokasi ketempat lain yang lebih aman. Akan bangunkan masjidnya sehingga masyarakat aman beribadah disitu.

Terkait dengan relawan atau masyarakat yang ingin membantu bupati mengharapkan agar pendistribusiannya dilakukan secara merata, Di 7 Pekon yang terkena dampak dengan kerusakan rumah 350 rumah, Bupati pinta agar dilakukan pembersihan dirumah warga tersebut, Jadi segeralah dilakukan penanganan penanganan dengan cepat agar masyarakat merasa segera pulih kembali seperti sebelum banjir dan tetap meningkatkan kewaspadaan” Pungkas Bupati

Sementara itu Kepala Dinas Pengairan Provinsi Lampung mengatakan akan menyampaikan kepada Gubernur Lampung terkait kondisi terkini di Tanggamus paska bencana.
“kami juga meminta pada dinas PU untuk mengirim 1 unit alat berat, kammi berharap kerja sama kita bisa ringankan masyarakat” Pungkasnya.(Hasbuna)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 suara-libra.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer.